Thursday, March 8, 2012

Balakutak 'Hideung' Hitam



Cumi bulat ini biasanya sama orang SumBar, digulai atau dibakar dengan tidak lupa membuang tintanya. Tapi orang JaBar memasak cumi ini bersama sama dengan tintanya yang hideung (Bhs. Sunda untuk Hitam). Rasanya enak, yang belum pernah coba silahkan mencobanya dan yang pernah coba dan suka, silahkan membuatnya.


Bahan :
1/2 kg balakutak (cumi bulat)

Bumbu :
1 Siung bawang putih
1 Lembar daun salam
1 Ruas jari lengkuas, geprak
Garam
Gula pasir untuk perasa

Cara Membuat
1. Buang tulang punggung cumi kemudian cuci dan lumuri jeruk nipis.
2. Masukkan cumi, daun salam, lengkuas dan bawang putih, garam dan gula pasir kedalam wajan anti lengket, ungkep sampai matang dan airnya habis (tidak perlu dikasi air karena nanti cuminya mengeluarkan air), kalau belum empuk, tambah air sedikit.
3. Semudah itu ya ~_~

Catatan
Untuk  mereka yang tinggal diluar Indonesia dan agak kesulitan mendapatkan lengkuas dan daun salam, jangan khawatir, tinta dari balakutak ini kaya rasa, jadi hanya dengan bumbu bawang putihpun, rasanya tidak akan berubah, kita hanya kehilangan harum daun salam dan lengkuas saja. Saya sering kehabisan bumbu dapur, walhasil .. tetap maknyus kok (smiles).


Selamat mencoba. Habis makan balakutak hideung, jangan langsung pergi keluar rumah ya, ngaca dulu dan liat itu bibir dan gigi pasti hitam.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan pesan anda disini ^_^